MANAJEMEN UMUM

Kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan di terima secara universal-mary parker follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky w. Griffin mendefinisikan mana jemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Secara etimologi
Kata manjemen mungkin berasal dari bahasa italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa perancis manege yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari bahasa inggris yang berarti seni mengendalikan kuda). Dimana istilah inggris ini juga berasal dari bahasa italia. Bahasa prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa inggris menjadi menagement, yang memiliki seni arti seni melaksanakan dan mengatur.

Ada 6 macam teori manajemen diantaranya :
  • Aliran klasik : aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemenya. Perhatian dan kemampuan manajeman dibutuhkan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut.
  • Aliran perilaku : aliran ini sering disebut juga  aliran manajemen hubungan manusia. Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek manusia dan perlunya manajemen memahami manusia.
  • Aliran manajemen ilmiah : aliran ini menggunakan matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen
  • Aliran analisis sistem : aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya.
  • Aliran manajemen berdasarkan hasil : aliran manajemen berdasarkan hasil diperkenalkan pertama kali oleh peter drucker pada awal 1950-an. Aliran ini memfokuskan pada pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannya pada interaksi kegiatan karyawan.
  • Aliran manajemen mutu : aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha untuk memcapai kepuasan pelanggan atau konsumen.

Fungsi manajemen
Fungsi manajemen elemen –elemen  dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan di jadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan fungsi manajeman pertama kali di perkanalkan oleh seorang industrialis perancis bernama Henry Fayol pada  awal abad ke-20 . ketika itu,ia menyebutkan lima fungsi manajemen ,yaitu merancang,mengorganisir,memerintah,mengordinasi,dan mengendalikan .Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah di ringkas menjadi tiga yaitu:
  1. Perencanaan ( Planning )
Adalah memikirkan apa yang akan di kerjakan dengan sumberyang di miliki. Perencanaan di lakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan  dan cara terbaik untuk memenihi tujuan iitu. Manager mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahhaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manjemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnnya tak dapat berjalan.
  1. Pengorganisasian (organizing)
Dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan Yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannnya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tindakan mana keputusan harus diambil.
  1. Pengarahan (directing)
Adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai ddengan perencanaan manajerial dan usaha.

Prinsip manajemen
Prinsip manajemen dalam manajemen bersifat lentur dalam arti bahwa perlu pertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah menurut henry fayol, seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari perancis, prinsip-priinsip umum manajemen ini terdiri dari :
1.      Pembagian kerja (division of work)
2.      Wewenang dan tanggung jawab (authority dan responsibility)
3.      Disiplin (disclipine)
4.      Kesatuan perintah (unity of commnand)
5.      Kesatuan pengarahan (unity of direction)
6.      Mengutamakan kepentingan organisasi diatas kepentingan sendiri
7.      Penggajian pegawai
8.      Pemusatan (centralization)
9.      Hirarki  (tingkatan)
10.  Ketertiban (order)
11.  Keadilan dan kejujuran
12.  Stabilitas kondisi karyawan
13.  Prakarsa (inisiiative)
14.  Semangat kesat

 Etika manajerial adalah standar prilaku yang memandu manajer dalam ekerrjaan mereka. Ada tiga kategori klasifikasi menurut ricky w.griffin
  • Perilaku terhadap karyawan
  • Perilaku terhadap organisasi
  • Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya.


(sumber: google)

Komentar

Postingan Populer