MANAJEMEN UMUM
Kata
manajemen berasal dari bahasa perancis kuno menagement, yang memiliki arti seni
melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan di
terima secara universal-mary parker follet, misalnya, mendefinisikan manajemen
sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti
bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk
mencapai tujuan organisasi. Ricky w. Griffin mendefinisikan mana jemen sebagai
sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan
sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien. Efektif
berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien
berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan
sesuai dengan jadwal.
Secara
etimologi
Kata
manjemen mungkin berasal dari bahasa italia (1561) maneggiare yang berarti
“mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti
“tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa perancis manege yang berarti
“kepemilikan kuda” (yang berasal dari bahasa inggris yang berarti seni
mengendalikan kuda). Dimana istilah inggris ini juga berasal dari bahasa
italia. Bahasa prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa inggris menjadi
menagement, yang memiliki seni arti seni melaksanakan dan mengatur.
Ada
6 macam teori manajemen diantaranya :
- Aliran klasik : aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemenya. Perhatian dan kemampuan manajeman dibutuhkan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut.
- Aliran perilaku : aliran ini sering disebut juga aliran manajemen hubungan manusia. Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek manusia dan perlunya manajemen memahami manusia.
- Aliran manajemen ilmiah : aliran ini menggunakan matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen
- Aliran analisis sistem : aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya.
- Aliran manajemen berdasarkan hasil : aliran manajemen berdasarkan hasil diperkenalkan pertama kali oleh peter drucker pada awal 1950-an. Aliran ini memfokuskan pada pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannya pada interaksi kegiatan karyawan.
- Aliran manajemen mutu : aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha untuk memcapai kepuasan pelanggan atau konsumen.
Fungsi manajemen
Fungsi manajemen elemen –elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di
dalam proses manajemen yang akan di jadikan acuan oleh manajer dalam
melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan fungsi manajeman pertama kali di
perkanalkan oleh seorang industrialis perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20 . ketika itu,ia menyebutkan
lima fungsi manajemen ,yaitu
merancang,mengorganisir,memerintah,mengordinasi,dan mengendalikan .Namun saat
ini, kelima fungsi tersebut telah di ringkas menjadi tiga yaitu:
- Perencanaan ( Planning )
Adalah memikirkan apa yang akan di kerjakan dengan
sumberyang di miliki. Perencanaan di lakukan untuk menentukan tujuan perusahaan
secara keseluruhan dan cara terbaik
untuk memenihi tujuan iitu. Manager mengevaluasi berbagai rencana alternatif
sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok
dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahhaan. Perencanaan merupakan
proses terpenting dari semua fungsi manjemen karena tanpa perencanaan,
fungsi-fungsi lainnnya tak dapat berjalan.
- Pengorganisasian (organizing)
Dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan suatu
kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan Yang lebih kecil. Pengorganisasian
mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang
dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus
dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannnya, bagaimana tugas-tugas tersebut
dikelompokkan, siapa bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tindakan mana
keputusan harus diambil.
- Pengarahan (directing)
Adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua
anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai ddengan perencanaan
manajerial dan usaha.
Prinsip manajemen
Prinsip manajemen dalam manajemen bersifat lentur
dalam arti bahwa perlu pertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan
situasi-situasi yang berubah menurut henry fayol, seorang pencetus teori
manajemen yang berasal dari perancis, prinsip-priinsip umum manajemen ini terdiri
dari :
1. Pembagian kerja (division of
work)
2. Wewenang dan tanggung jawab
(authority dan responsibility)
3. Disiplin (disclipine)
4. Kesatuan perintah (unity of
commnand)
5. Kesatuan pengarahan (unity of
direction)
6. Mengutamakan kepentingan
organisasi diatas kepentingan sendiri
7. Penggajian pegawai
8. Pemusatan (centralization)
9. Hirarki (tingkatan)
10. Ketertiban (order)
11. Keadilan dan kejujuran
12. Stabilitas kondisi karyawan
13. Prakarsa (inisiiative)
14. Semangat kesat
Etika manajerial adalah standar prilaku yang
memandu manajer dalam ekerrjaan mereka. Ada tiga kategori klasifikasi menurut
ricky w.griffin
- Perilaku terhadap karyawan
- Perilaku terhadap organisasi
- Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya.
(sumber: google)
Komentar
Posting Komentar